RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (1)
(Berdasarkan Permendiknas No. 41 Th. 2007 tentang Standar Proses)
Satuan Pendidikan : SMPN 06 Bukittinggi
Kelas/Semester : IX/Genap
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
Tahun Pembelajaran : 2011-2012
Lokal : IX 1, 2, 3, 4, 5
Pertemuan ke : I (Pertama)
A. | Standar Kompetensi | 8. | Memahami Al-qur’an surat Al-insyirah. |
B. | Kompetensi Dasar | 8.1 8.2 8.3 | Menampilkan bacaan Qs. Al-insyirah dengan tartil dan benar. Menyebutkan arti qs. Al-insyirah Menampilkan perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam qs. Al-insyirah. |
C. | Indikator | 8.1.1 8.1.2 8.1.3 8.2.1 8.2.2 8.2.3 8.3.1 8.3.2 | Membaca keseluruhan ayat qs. Al-insyirah dengan tartil & benar menurut ilmu tajwid. Membaca potongan-potongan ayat qs. Al-insyirah dengan benar. Membaca kosa-kata qs. Al-insyirah dengan benar. Membaca keseluruhan arti qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. Membaca arti potongan-potongan ayat qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. Membaca arti kosa kata qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. Menyebutkan makna keseluruhan qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. Menjelaskan makna bekerja keras dan berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam qs. Al-insyirah. |
D. Tujuan Pembelajaran
No. | Diharapkan peserta didik mampu : | Karakter |
8.1.1.1 | Membaca keseluruhan ayat qs. Al-Insyirah dengan tartil & benar menurut ilmu tajwid. | Religius |
8.1.2.1 8.1.2.2 | Membaca potongan-potongan ayat qs. Al-insyirah dengan benar. Membaca potongan-potongan ayat qs. Al-insyirah dengan irama tartil dengan baik dan benar. | Religius-Kreatif |
8.1.3.1 8.1.3.2 | Membaca kosa-kata qs. Al-insyirah dengan benar. Membaca kosa-kata qs. Al-insyirah dengan irama tartil dengan baik & benar. | Religius-Mandiri |
8.2.1.1 8.2.1.2 | Membaca keseluruhan arti qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. Membaca keseluruhan arti qs. Al-insyirah disertai intonasi suara yang baik dengan benar. | Mandiri-Kreatif |
8.2.2.1 | Membaca arti potongan-potongan ayat qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. | Kreatif |
8.2.3.1 | Membaca arti kosa kata qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. | Mandiri-Kreatif |
8.3.1.1 | Menyebutkan makna keseluruhan qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. | Religius-kerja keras |
8.3.1.2 | Menerapkan kandungan qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. | Kreatif-kerja keras. |
8.3.2.1 | Menampilkan perilaku tekun/belajar dengan giat dalam proses pembelajaran di sekolah sehari-hari. | Kerja-keras-mandiri. |
E. Materi Pelajaran
Fakta : Kandungan surah Al-insyirah
Konsep : Qs. Al-insyirah beserta terjemahan & maknanya
Prinsip : Menerapkan isi kandungan surah Al-insyirah dalam kehidupan sehari-
hari.
Prosedur : Membaca qs. Al-insyirah & terjemahan serta maknanya.
F. Bahan Pelajaran : Terlampir
G. Alokasi Waktu
Beban belajar | Waktu | Bentuk kegiatan |
TM :Tatap Muka | 100 menit | Sesuai dengan kegiatan pembelajaran |
PT : Penugasan Terstruktur | 20 menit | Memahami kandungan qs. Al-insyirah. |
KMTT: Kegiatan Mandiri tidak terstruktur | | Menafsirkan keadaan/menunjukkan bukti-bukti bahwa masyarakat pada zaman sekarang kurang memiliki semangat kerja keras (banyak yang pemalas). |
H. Metode Pembelajaran
1. Metode iqra’
2. Metode ceramah
3. Metode diskusi
4. Metode pemberian tugas
5. Metode kerja kelompok
6. Metode Tanya jawab
7. Metode drill (latihan)
I. Model Pembelajaran
Cooperative integrated reading; yang mana peserta didik dalam hal ini membaca qs. Al-Insyirah secara/dalam bentuk berkelompok, setelah itu setiap peserta didik membaca potongan dan kosa kata qs. Al-insyirah.
J. Strategi Pembelajaran
No | Pendekatan pembelajaran | Sasaran pembelajaran | Pemilihan cara pendekatan | Prosedur dan teknik |
1. 2. 3. 4. | Pendekatan emosional Pendekatan kolektif-Individual Pendekatan Rasional Pendekatan fungsional | Peserta didik kelas IX | Pendekatan yang dominan digunakan ialah pendekatan kolektif- individual, karena dalam pembelajaran ini membaca qs. Al-insyirah secara kolektif-individual. | Card sort; sortir kartu; yang mana kartu ini berisi potongan & kosa kata qs. Al-insyirah. |
1. Prosedur card sort (sortir kartu); yang mana peserta didik memilih kartu secara acak yang telah disediakan, yang mana kartu tersebut berisi potongan & kosa kata qs. Al-insyirah.
2. Teknik card sort (sortir kartu);
a. Peserta didik di bagi ke dalam beberapa kelompok
b. Pendidik membagikan kartu yang berisi potongan-potongan & kosa-kata ayat qs. Al-insyirah.
c. Kartu yang berisi potongan-potongan & kosa kata qs. Al-insyirah tersebut dibagikan kepada peserta didik.
d. Salah seorang peserta didik mendapat potongan ayat & sebagian yang lain mendapat kosa-kata ayat.
e. Peserta didik membacakan potongan ayat yang sudah dibagikan; peserta didik yang lain membaca terjemahannya yang terdapat dalam kosa-kata pada kartu yang telah dibagikan dan mengemukakan pendapatnya tentang makna surah Al-insyirah.
f. Peserta didik mendengarkan penjelasan dari pendidik tentang bacaan qs. Al-insyirah & terjemahannya.
K. Kegitan Pembelajaran
No | Langkah-langkah pembelajaran | Karakter | Metode | Waktu |
1. | Pendahuluan a. Meperhatikan sikap dan tempat duduk peserta didik | Disiplin | | 10 menit |
| b. Berdo’a | Religius | | |
| c. Memotivasi | Disiplin | | |
| d. Melakukan apersepsi | Kerja-keras, kreatif | | |
| e. Menyebutkan KD yang harus dicapai oleh peserta didik | Disiplin | | |
| f. Menyajikan pelajaran | Tanggung jawab | | |
2. | Inti | | | 80 menit |
| a. Eksplorasi | | Tanya jawab, pemberian tugas. | |
| 1. Sebutkan bunyi qs. Al-insyirah dengan baik dan benar ? | Kreatif-mandiri | Sda | |
| 2. Sebutkan bunyi potongan ayat qs. Al-insyirah dengan baik dan benar ? | Kreatif | Sda | |
| 3. Sebutkan kosa-kata qs. Al-insyirah dengan baik dan benar ? | Kreatif, kerja keras | Sda | |
| 4. Sebutkan terjemahan keseluruhan/arti qs. Al-insyirah dengan baik dan benar ? | mandiri | Sda | |
| 5. Sebutkan arti dari potongan ayat qs. Al-insyirah dengan baik dan benar ? 6. Sebutkan arti dari kosa-kata ayat qs. Al-insyirah dengan baik dan benar ? 7. Sebutkan makna dari qs. Al-insyirah dengan baik dan benar ? 8. Jelasakan maksud dari kata kerja keras yang terdapat dlam qs. Al-insyirah serta contoh-conohnya ? | Religius, kerja keras. Religius, mandiri. Religius, kreatif. Mandiri | Sda Sda sda | |
| b. Elaborasi | | Iqra’, diskusi | |
| 1. Pesertadidik menerima potongan kartu yang berisi potongan & kosa kata ayat. | Curiosity (Rasa ingin kartu). | | |
| 2. Peserta didik membaca keseluruhan qs. Al-insyirah dengan baik dan benar berdasarkan ilmu tajwid. 3. Peserta didik membaca potongan ayat qs. Al-insyirah dengan baik dan benar pada potongan kartu yang telah disediakan. | Tanggung jawab, religius Religius, kreatif dan mandiri. | Sda | |
| 4. Pesertadidik membaca kosa-kata ayat qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. 5. Peserta didik membacakan keseluruhan terjemahan ayat qs. Al-insyirah dengan baik & benar. 6. Peserta didik membaca arti dari potongan ayat qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. 7. Peserta didik membaca arti dari kosa-kata ayat qs. Al-insyirah dengan baik dan benar pada kartu yang telah disediakan. 8. Peserta didik memaknai keseluruhan qs. Al-insyirah dengan baik dan benar. 9. Peserta didik memaknai kata kerja keras yang terkandung dalam qs. Al-insyirah dan menunjukkan contoh-contohnya. | Mandiri, kreatif & religius Religius-mandiri Religius-mandiri Kerja keras-kreatif Religius-kerja keras. Kreatif. | Sda Sda Sda | |
| c. Konfirmasi Pendidik menguatkan materi yang telah diberikan (materi tentang qs. Al-insyirah) dengan makhrijal huruf yang baik & benar dan memberikan tambahan penafsiran yang merujuk pada tafsir al-mishbah untuk memberikan tambahan makna pada qs. Al-insyirah. | Tanggung jawab | Ceramah. | |
3. | Penutup | | | 10 menit |
| a. Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya terkait dengan qs. Al-insyirah. b. Pendidik menyimpulkan materi pembelajaran bersama peserta didik | curiosity (rasa ingin tahu) Kreatif, mandiri | Ceramah-tanya jawab. | |
| c. Pendidik memotivasi peserta didik untuk belajar di rumah. | Disiplin | | |
| d. Pendidik menginformasikan SK & KD yang akan dipelajari pada pertemuan berikut | Tanggung jawab & disiplin | | |
| e. Pendidik mengevaluasi peserta didik terkait materi yang diberikan melalui test formatif | Tanggung jawab & kreatif | Drill (latihan) | |
| f. Pendidik bersama-sama peserta didik mengucapkan ucapan Alhamdulillah sebagai akhir dari pembelajaran | Religius | | |
| g. Pendidik mengucapkan salam | religius | | |
L. Media/sumber pembelajaran:
1. Media: Potongan kartu yang berisi potongan & kosa-kata ayat Qs. Al-insyirah beserta terjemahannya.
2. Sumber
a. Al-qur’an & terjemahannya
b. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008
c. Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD, 2005
d. Tim Abdi Guru, Ayo Belajar Agama Islam, Jakarta: Erlangga: 2007
e. Moh. Fauzi Ag, Pendidikan Agama Islam, Bandung: Grafindo Media Pratama, 2007
f. Zuhairi, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1997
g. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, Pendidikan Agama Islam-Aku Cinta Agama Islam, Yogyakarta: Cempaka Putih, 2007
h. Robingan, Teladan Utama-Pendidikan Agama Islam 3, Jakarta: Platinum, 2009
M. Penilaian
No | Teknis | Bentuk instrumen | Contoh instrument |
1. 2. | Tes lisan Tes tulisan | Praktik Jawaban singkat | a. Bacalah ayat 1&2 dari surah al-insyirah dengan tartil & benar.! b. Tuliskan ayat ke 4 qs.Al-insyirah dengan terjemahannya. ! |
Mengetahui Guru pamong: Drs. Amril Aladin Nip. 19580805 198703 1009 | | |
Mahasiswa PPL: Supian Hadi (408.187) | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar